5 Cara Penghematan Air Dalam Rumah Tangga

Advertisement
Konservasi air menjadi hal yang penting dikerjakan bagi masyarakat Indonesia karena musim kemarau segera tiba, bahkan cara penghematan air dalam rumah tangga menjadi praktik yang penting dikerjakan juga pada saat musim hujan karena dapat menghemat anggaran belanja dan menghemat pemakaian energi sehingga tagihan listrik berkurang.

Hemat pemakaian air harus diamalkan bagi Anda yang bermukim pada daerah yang minim sumber air, namun bukan berarti Anda yang berada di daerah di mana air berlimpah itu menjadi boros. Tetap saja menghemat air itu merupakan sikap yang baik dalam mensyukuri nikmat Tuhan.

Konservasi air yang dikerjakan masyarakat secara luas akan mencegah polusi air di dekat sumber-sumber air semisal sumur, danau, sungai, waduk dan lainnya. Penghematan air dalam rumah tangga juga akan memperpanjang umur sistem septik atau septic tank di rumah karena mengurangi kejenuhan tanah sekaligus mengurangi polusi yang disebabkan kebocoran.

Cara Penghematan Air Dalam Rumah Tangga


Apabila sistem saluran pembuangan kota telah melewati batas maksimal (overloading) dapat menyebabkan limbah menumpuk karena tidak mengalir ke sungai sehingga menyebabkan timbul berbagai penyakit bagi kesehatan. Apabila setiap rumah tangga menerapkan cara menghemat air di rumah tangga sehingga mempunyai jumlah pembuangan air yang kecil maka aliran pada sistem saluran pembungan kota juga menjadi surut.

5 Cara Penghematan Air Dalam Rumah Tangga

oke teman blog cara rumah murah akan share lima tips mudah hemat penggunaan air di rumah yaitu :

1. Memanfaatkan Air Hujan

Buatlah taman di sekitar rumah yang langsung dapat menampung air hujan atau tanpa ada atap, dengan tujuan air hujan secara alami akan menyirami tanaman dan pohon di taman sehingga akan menurunkan tagihan air dan listrik.



Anda dapat membangun sistem penampungan air hujan untuk mengumpulkan tetesan air hujan menjadi sumber air bagi kebutuhan rumah tangga. Perlu anda ketahui bahwa sebuah permukaan dengan ukuran 100 meter persegi dapat menampung sekitar lebih dari 2.270 liter air selama turun hujan deras. Sedangkan kebutuhan air rumah tangga di Indonesia antara 300 liter sampai 400 liter, artinya dengan membuat sistem penampungan air hujan maka Anda bisa mendapatkan kebutuhan air secara gratis selama seminggu.

2. Tidak Boros Air

Anda dan keluarga perlu menjalankan beberapa tips menghemat air dalam kehidupan sehari hari yaitu :

a. Hemat dalam pemakaian sprinkler taman, ingat bahwa penggunaan sprinkler taman selama dua jam dapat menghabiskan sekitar 2000 liter air. Ini termasuk salah satu cara penghematan air dalam rumah tangga yang sangat penting bagi pemilik taman apalagi ukurannya luas.

b. Sobat bisa menghemat setidaknya 600 liter air pada saat mencuci motor atau mobil dengan cara menutup kran pada saat sebelum membilas atau jeda saat menyabun kendaraaan.



c. Jangan terlalu sering menyiram jalan aspal atau trotoar karena itu bisa menghabiskan lebih dari 200 liter air selama 5 menit, aspal dan trotoar sebenarnya tidak baik jika terus basah karena cepat rusak, retak atau bolong.

3. Memperbaiki Sistem Instalasi Air Bersih

Jika ada sebuah tetesan terjadi pada sistem pipa di rumah maka dalam sehari Anda kehilangan 100 liter air, maka periksa kebocoran pada sistem isntalasi air bersih sehingga Anda bisa menghemat ribuan liter air dalam sebulan.

Apabila Anda menggunakan jasa air PDAM maka bisa menggunakan meteran air yang biasa ada di depan rumah untuk memeriksa kebocoran air yang tersembunyi. Tips mudah untuk merawat pipa air adalah dengan mengisolasi sambungan pada pipa air.

4. Hemat Air Ketika Mandi

Salah satu cara penghematan air dalam rumah tangga adalah dengan mempersingkat waktu mandi. Anda matikan kran air apabila bak sudah penuh, apabila Anda menggunakan shower mandi maka mematikanlah pada saat menyabuni badan, muka, menyampo rambut ataupun sikat gigi.

Dan bila kamar mandi di rumah menggunakan air panas maka persingkat waktu pemanasan air untuk menghindari pemborosan air, mengingat air yang panas akan menguap sia-sia.

5. Menghemat Air Saat Cuci Piring dan Baju
Kegiatan cuci piring dilakukan setiap hari di rumah tangga maka matikan kram saat ibu sedang menyabun berbagai peralatan masak dan makan. Dan cucilah pakaian dengan hemat air, asalkan pakaian memenuhi syarat suci maka tidak perlu boros air. Jika menggunakan mesin cuci, maka cara menghemat air bersih di rumah adalah dengan memakainya saat beban penuh atau pakaian yang banyak.