Cara Mendapatkan Rumah Murah Yang Bagus

Advertisement
Setiap orang mempunyai angan-angan tentang desain rumah yang menjadi impiannya, banyak sekali perusahan ataupun agen properti akhir-akhir ini mempromosikan hunian dengan berbagai cara mulai dari media cetak hingga media situs online. Tergiur dengan penawaran iklan properti itu boleh saja namun kita harus menjadi pembeli cerdas dengan mengetahui cara mendapatkan rumah murah yang bagus, berkualitas, nyaman dan sehat.

Sekarang masyarakat memang susah dalam membeli rumah sehingga mereka mencari hunian dengan harga miring, namun bagi kita yang masih buta terhadapa real estate maka harus benar-benar teliti dan cermat. Apalagi upah minimum regional yang sekarang dirasakan sangat minim untuk mendapatkan rumah yang bagus.

Cara Mendapatkan Rumah Murah Yang Bagus

Cara Mendapatkan Rumah Dengan Harga Murah


Kami mengatakan bahwa rumah merupakan investasi jangka panjang bagi Anda dan keluarga karena bisa dijual di pasar dengan harga semakin tinggi pada masa depan, sehingga banyak yang mengambil cara mendapatkan rumah murah dari pemerintah atau kementerian perumahan rakyat (kemenpera), namun kami katakan sahabat tidak perlu mengambilnya dengan beberapa alasan. Mungkin alasan terkuat tidak mengambil rumah murah dari kemenpera itu adalah masih ada pihak agen atau makelar properti dan bank yang ikut andil sehingga masih terkena bunga atau riba yang menyusahkan.

Berikut kami share tips mendapatkan rumah murah idaman di antaranya yakni,

1. Buat Daftar Rumah Murah Berdasarkan Harga

List hunian berharga murah harus dibuat supaya Anda dapat mempertimbangkan apakah harga jual rumah itu sesuai dengan kriteria “murah” semisal lokasi hunian, luas bangunan dan tanah, desain rumah, umur rumah, kondisi bangunan sampai dengan fasilitas yang tersedia di sana. Kawan bisa mengunjungi beberapa situs berikut rumah123.com, olx.com, kaskus.co.id, urbanindo.com dan lainnya.

2. Membandingkan Harga Rumah

Dengan banyak mencari rumah-rumah berharga murah maka Anda dapat memilah dan memilih manakah hunian yang mempunyai penawaran hebat. Ingat ya ! bahwa "harga murah itu relatif" karena terkait dengan banyak faktor yang kami sebut di atas.

Setelah membidik satu hunian yang ingin dibeli maka gunakan aplikasi smartphone untuk memeriksa harga rumah lokal atau di sekitar kota tersebut sehingga Anda semakin jelas melihat peluang untuk mendapatkan rumah murah.



3. Melihat Lokasi Di Pinggiran Kota

Apabila sulit mendapatkan rumah murah di pusat kota karena harga tanahnya saja per meter sudah jutaan, maka saran terbaik adalah melihat rumah-rumah yang dijual di pinggiran kota atau luar kota. Namun jangan terlalu jauh dengan kantor tempat bekerja, anggap saja jarak terjauh itu 15 kilometer sehingga Anda bisa berkendara kurang dari 20 menit untuk bekerja. Apabila terlalu jauh maka bakal terasa lelah dan capek untuk pulang-pergi dari rumah ke kantor.

4. Carilah Rumah Yang Dijual Sendiri Oleh Pemilik

Ingat bahwa agen atau makelar rumah kadang bisa mendapatkan keuntungan besar sampai di atas 10 persen, tentu hal ini bisa menaikkan harga rumah menjadi mahal. Carilah daftar rumah yang dijual oleh pemiliknya sendiri atau For Sale By Owner.

5. Lakukan Negoisasi Yang Hebat

Cara mendapatkan rumah murah idaman yang terpenting yakni melakukan penawaran atau negosiasi yang hebat. Anda jangan berasumsi bahwa harga yang diminta oleh penjual itu tidak bisa ditawar. Memang benar proses menawar harga rumah membutuhkan sedikit kerja akan tetapi ini adalah tips terbaik untuk menurunkan biaya pembelian rumah menjadi murah.

Semoga 5 tips mendapatkan rumah murah ini memberi sahabat beberapa pentunjuk yang cerdik untuk membeli hunian sesuai dengan impian dan idaman anggota keluarga. Oke terakhir kami persilakan kawan berbagi ini di media sosial favorit Anda!