Cara Membuat Atap Rumah Murah Dari Kayu

Advertisement
Kami percaya bahwa Anda pernah bertanya-tanya dalam hati tentang bagaimana cara membuat atap rumah murah dari kayu atau mengeluarkan sangat sedikit uang, sehingga tidak perlu meminjam uang atau hutang ke bank. Setelah kami meneliti ternyata kunci atau faktor utama dalam penghematan biaya membangun atap rumah adalah menggunakan bahan bangunan secara efektif dan efisien, dan tidak kalah penting adalah tahapan praktis pembangunannya.

Jaman terus berganti, dan biaya pembangunan rumah berganti dari biaya murah di jaman dahulu karena dikerjakan secara gotong royong tanpa pamrih oleh masyarakat kampung atau pedesaan dan menggunakan bahan bangunan disediakan oleh bumi secara alami semisal daun kelapa, jerami, daun pandan dan lainnya sehingga menjaga biaya semurah mungkin. 

Cara Membuat Atap Rumah Murah Dari Kayu


Namun kita sekarang hidup pada jaman modern dan untuk menerapkan cara tradisional itu sulit dikerjakan karena sebagian masyarakat kota hidup secara individualis karena penerapan ideologi kapitalisme. Maka kami share beberapa langkah menyenangkan dalam tips membangun atap rumah dengan metode yang dapat dikerjakan oleh tangan Anda sendiri.

Cara Membuat Atap Rumah Murah Dari Kayu

Beberapa trik menyiasati pembuatan atap rumah agar biaya lebih murah yang bisa ditiru antara lain, yaitu:

1. Memakai Bahan Alami

Kami menjelaskan di atas bahwa ada bahan-bahan alami yang bisa didapat dari bumi untuk proyek pembangunan atap rumah yang bisa didapat dengan harga sangat murah, apalagi jika Anda mempunyai kebun sendiri. Apabila Anda punya kebun cukup luas maka bisa menanam beberapa pohon yang cepat besar dalam waktu singkat untuk dipanen dan digunakan sebagai kerangka atap rumah semisal pohon waru dan pohon Jabon.

Sedangkan untuk atap Anda bisa menggunakan jerami, daun kelapa, daun pandan dan lainnya yang bisa dibeli dengan harga murah atau dicari secara gratis dari hutan, kalau Anda mau mencari di hutan he..he...



2. Membeli Bahan Bangunan

Anda bisa menghemat sampai dengan 30 persen apabila membeli kayu langsung dari pemilik pohon dan menebangnya sendiri, atau menggunakan jasa penebang kayu. Beberapa kayu bisa dibeli dengan harga murah semisal pohon kelapa dijual pada kisaran harga Rp.400.000 – Rp.800.000 per pohon. 2 pohon kelapa yang diameter besar dan tinggi cukup untuk dibuat sebagai kerangka atap rumah, kayu usuk dan kayu reng, cukup hemat bukan ?

Selanjutnya kami sarankan untuk membeli genteng dari produsennya secara langsung sehingga lebih hemat. Paku dan bahan bangunan lain bisa dibeli toko bangunan yang dikenal murah meriah di kota Anda.

3. Jasa Tukang Bangunan Dan Kuli Bangunan

cara membuat atap rumah murah dari kayu yang terakhir adalah mencari tukang bangunan berserta kulinya yang dikenal cepat dalam bekerja dan hasil bangunan baik, meskipun Anda mendapatkan harga lebih mahal Rp.10.000 – Rp20.000 maka kami rasa tidaklah mahal jika mereka lebih cepat dalam bekerja.