5 Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Advertisement
Ketika kita membutuhkan suasana yang baru atau karena beberapa komponen atau bagian pada sebuah rumah sudah rusak, maka kita pasti menginginkan renovasi. Akan tetapi, saat ini renovasi diidentikkan dengan biaya mahal. Sebenarnya, renovasi rumah tidak melulu harus membutuhkan uang yang berlimpah. Ada beberapa cara menghemat biaya renovasi rumah. Memang betul sebenarnya renovasi rumah pastilah membutuhkan banyak peralatan atau bahan material yang cukup mahal.


Apalagi, renovasi memang merupakan kegiatan yang perlu dilakukan demi merawat atau memperbaiki sebuah rumah. Karena jika rumah terus terawat, maka kenyamanan sang penghuni pun tetap terjaga. Apalagi, jika rumah sudah mulai rusak dan tidak lagi kondusif, maka demi kenyamanan, sang penghuni pun biasanya memilih melakukan renovasi. Juga misalnya ketika penghuni rumah bertambah banyak, maka dibutuhkan juga tambahan ruangan dalam rumah sehingga rumah membutuhkan renovasi.

Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Berikut ini sejumlah cara menghemat biaya renovasi rumah yang bisa dilakukan agar pengeluaran tidak membengkak:

1. Mempersiapkan dana
Pertama tentu Anda harus mempersiapkan dana untuk merenovasi rumah Anda. Pastikan juga dana yang Anda miliki lebih dari biaya kasar yang Anda hitung untuk memperbaiki rumah. Dengan disiapkannya dana terlebih dahulu, maka Anda sudah bisa menentukan dan memilih bagaimana cara untuk merenovasi rumah dengan dana yang telah disiapkan.

2. Model renovasi
Pastikan pula model renovasi yang Anda inginkan memang seusai dengan kebutuhan dan dana yang telah Anda siapkan. Demi berhemat, maka renovasi yang dilakukan sebaiknya hanya dilakukan pada bagian-bagian rumah yang rusak atau sudah tidak layak lagi.

3. Membeli bahan sendiri
Anda juga sebaiknya membeli sendiri bahan-bahan yang akan Anda gunakan untuk merenovasi rumah. Hal ini agar Anda bisa membeli dengan harga yang sesuai dan akan lebih murah daripada jika membeli lewat tukang atau kontraktor.

4. Memilih tukang kenalan
Sebaiknya tukang yang akan merenovasi rumah Anda adalah tukang yang telah Anda kenal sebelumnya. Hal ini agar negosiasi harga dan waktu tidak banyak yang dikeluarkan dan bisa berjalan dengan baik. Karena tentu tukang bisa menjadi orang yang paling berpengaruh atas lama atau mahalnya biaya renovasi rumah Anda.

5. Hindari sistem borongan
Hindarilah sistem borongan ketika Anda merenovasi rumah karena sebaiknya renovasi rumah Anda dikerjakan secara bertahap. Hal ini agar Anda sendiri yang dapat menentukan mana bagian yang dikerjakan terlebih dahulu dan sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Itulah lima cara menghemat biaya renovasi rumah untuk Anda. Semoga dengan tips berikut Anda memiliki keyakinan untuk merenovasi rumah walau biaya yang dimiliki tidak begitu banyak. Karena dengan pengaturan yang baik, maka biaya renovasi rumah pun bisa dihemat.