Cara Mengecat Rumah dengan Betul Agar Awet dan Cemerlang

Advertisement
Sebenarnya ada banyak cara mengecat rumah dengan betul. Tentu, jika Anda memiliki rumah baru atau ingin mengganti suasana di rumah lama Anda, Anda pasti ingin mengecat temboknya sesuai dengan keinginan. Entah itu soal motif atau warna, pasti Anda ingin sesuai dengan selera Anda. Apalagi, jika Anda akan mengerjakannya sendiri. Soal mengecat tembok pun akan menjadi hal yang menyenangkan.


Karena jika kita mengecat dengan baik dan benar, maka rumah kita pun akan dipandang. Begitu juga dengan pemilihan warna dan motif yang pas, tentu akan menambah keindahan dan kenyamanan rumah yang kita tempati. Mengecat rumah sendiri pun sebenarnya bukan pekerjaan yang berat. Apalagi jika dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga Anda. Pastilah akan terasa sangat menyenangkan.
Berikut lima cara mengecat rumah dengan betul:

1. Membersihkan dinding
Jika tembok rumah yang Anda ingin cat kotor dan berdebu, pastikan Anda menghilangkannya terlebih dahulu. Karena debu dan kotoran akan membuat hasil akhir cat tidak halus dan rata. Membersihkannya pun cukup dengan air.

2. Lindungi bagian yang tidak ingin dicat
Jika ada bagian rumah Anda yang tidak ingin di cat atau terkena cat, usahakan tutuplah/lindungilah bagan tersebut. Bisa dilindungi menggunakan lakban atau kayu. Hal ini juga dilakukan agar bagian yang kita cat merata.

3. Mengecat dari atas ke bawah
Mengecat dari atas ke bawah dilakukan agar tembok tercat rata dan seluruh bagian tidak terlewatkan. Hal ini juga mempermudah pekerjaan Anda karena tidak menghabiskan waktu.

4. Gunakan roller dan kuas kecil
Pada saat mengecat bagian yang luas, usahakanlah menggunakan roller agar lebih mudah dan merata. Untuk bagian-bagian yang sempit dan kecil, gunakanlah kuas kecil agar area-area ini tetap tercat dengan bagus dan rata.Pastikan juga pilihan warna cat tembok sudah serasi dan memenuhi keinginan para anggota keluarga.

5. Tambahkan jika kurang
Jika Anda merasa hasil cat di awal masih belum sempurna, Anda bisa mengulangi proses mengecat hingga pas dan sempurna. Tentu hal ini dilakukan agar hasil pekerjaan benar-benar terlihat indah.

Itulah cara-cara mengecat rumah dengan betul dari tim cararumahmurah.com. Semoga bisa berguna untuk Anda dalam mengecat ulang tembok di rumah.