Cara Termudah Pasang Penangkal Petir di Rumah

Advertisement
Salah satu hal yang kita perlu miliki di rumah kita adalah alat penangkal petir. Ada beberapa cara memasang alat penangkal petir di rumah kita. Ketika kondisi cuaca sedang buruk, petir sering kali muncul disertai cuaca mendung dan kemudian hujan deras akan membuat kita ketar-ketir. Petir sangat berbahaya karena jika tersambar maka seorang manusia bisa tewas karenanya. Bahkan, walaupun berada di sebuah bangunan atau rumah, seseorang masih bisa tersambar petir.


Oleh karena itu, setiap rumah memerlukan alat penangkal petir agar para penghuninya aman. Apalagi jika rumah Anda memiliki kabel telepon dan antena televisi di dalam rumah. Kedua benda itu dapat membuat petir merambat dan masuk ke rumah. Oleh karenanya, selain konstruksi bangunan yang kuat dan terbuat dari beton bertulang, alat penangkal petir adalah alternatif lain untuk mencegahnya.

Berikut cara-cara memasang alat penangkal petir di rumah Anda:

1. Pembuatan Grounding
Grounding adalah titik akhir pelepasan arus petir. Oleh karena itu Grounding harus memiliki kriteria tertentu agar dapat melepaskan arus dengan baik, agar kelak penangkal petir dapat bekerja sempurna. Beberapa kriteria grounding antara lain adalah di tanah yang memiliki kandungan garam, air, atau keasaman yang tinggi. Grounding sendiri sebaiknya berkedalaman 6-20 meter dan terbuat dari tembaga.

2. Pemasangan Kabel Penangkal Petir


Terdapat beberapa aturan untuk memilih jalur kabel. Adapun rute terdekat aturan utamanya adalah "semakin pendek panjang bentang penghantar maka tahanan bahan akan semakin kecil". Selain itu, belokan kabel harus membentuk sudut runcing. Kabel yang digunakan pun harus yang berstandar seperti kabel 50mm.

3. Pemasangan ujung finial
Ujung finial kabel penangkal petir ini adalah di ujung besi tembaga yang runcing. Oleh karena itu, kabel penghantar haruslah terhubung dengan kuat dan elektris dengan ujung finial. Sehingga kelak rumah benar-benar terhindar dari serangan petir dan penangkal berfungsi secara sempurna.

Itulah tadi cara-cara untuk memasang alat penangkal petir di rumah Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah dengan benar.