Tips Membuat Pondasi Pagar Rumah Sederhana Tetap Kokoh

Advertisement
Pagar adalah elemen yang cukup penting terdapat di sebuah rumah. Membuat pondasi pagar rumah juga dapat dilakukan sendiri. Pagar adalah pintu pertama untuk memasuki rumah, oleh karena itu pagar harus terlihat kokoh dan indah. Tentu saja, pagar juga harus memiliki standar keamanan. Juga, pagar adalah salah satu elemen untuk bisa memperindah sebuah rumah. Saat ini, pagar sudah dibuat dari berbagai jenis seperti tanaman, kayu, bata, hingga besi dan baja.


Adapun pondasi biasanya digunakan untuk pagar yang terbuat dari bata dan beton. Karena tembok yang terbuat dari kedua bahan tersebut harus kokoh dan kuat agar tidak mudah roboh. Oleh karenanya pondasi yang dibuat juga harus kokoh. Terlebih lagi, tembok yang terbuat dari bata dan beton juga tidak mudah rusak dan hancur. Selain itu juga membuat maling lebih sulit untuk memanjatnya, sehingga cukup bisa menjamin keamanan sebuah rumah. Di bawah ini tips membuat pondasi pagar rumah yang gampang diterapkan:

1. Menggali tanah
Biasanya pondasi dibuat dari dalam tanah. Hal tersebut dilakukan agar pondasi semakin kokoh karena tertimbun di dalam tanah yang membuatnya seperti akar. Walaupun sebenarnya pondasi juga bisa dilakukan di atas tanah tanpa harus menggalinya.

2. Mempersiapkan bahan dan alat
Untuk membuat pondasi pagar, Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan seperti sekop, sendok semen, pacul/cangkul, dan kayu balok. Kemudian bahan-bahan yang Anda perlu siapkan antara lain semen, air, kerikil, dan batu bata.

3. Memasang papan pondasi
Papan pondasi bisa juga diganti dengan balok kayu. Intinya, papan pondasi ini adalah agar menjaga kelebaran dan kelurusan pondasi yang akan dibuat. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat menyemen atau memasukkan batu kerikil dan batu bata.

4. Membuat pondasi
Setelah menggali tanah dan mempersiapkan bahan, buatlah pondasi dengan mula-mula mencampurkan semen dan kerikil ke dalam tanah yang telah digali. Setelah itu diatas tanah barulah menyemen dengan lapisan batu bata dan juga balok kayu atau papan sebagai penopang agar semen pondasi yang telah kita buat menjadi rata, lurus, dan kokoh.

5. Biarkan mengering

Setelah pondasi selesai dibuat dan semen sudah dituang dan bahan lain dituang, maka biarkanlah mengering. Proses pengeringan ini sendiri akan membutuhkan waktu kurang lebih satu hari penuh. Setelah itu lepaskan papan-papan yang menopangnya lalu biarkan pondasi tersebut mengering secara normal. Jangan lupa menutup pondasi menggunakan plastik, agar saat hujan tidak menyebabkan pondasi berlubang-lubang.

Sekian penjelasan tips agar Anda bisa membuat pondasi pagar sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat berinovasi dengan desain pagar istimewa buatan sendiri.