Inilah Cara Mengemas Barang untuk Berpindah Rumah

Advertisement
Ketika ingin pindah rumah, pastilah masalah berkemas adalah hal yang sungguh merepotkan dan pastinya cukup menguras waktu dan tenaga. Sebenarnya, ada cara mengemas rumah untuk berpindah yang simpel dan lebih mudah untuk dilakukan. Berkemas memang sering kali juga membuat kita kebingungan. Itu terjadi karena ketika kita mengemas barang secara terburu-buru dan banyak barang yang ternyata belum juga terangkut padahal semua tempat penyimpanan sudah penuh. Belum lagi ketika kita mengemas barang jauh-jauh hari teapi ternyata harus dibongkar karena sebelum kita pindah kita masih membutuhkannya.

Oleh karena itu, mengemas barang untuk berpindah rumah sebaiknya dilakukan dengan teratur dan sangat teliti. Selain itu, kita juga dituntut untuk menyiapkan tempat penyimpanan barang-barang kita agar tidak ada yang tertinggal. Berkemas juga perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelum kita berpindah rumah agar semua barang bisa dicicil dan waktu serta tenaga Anda tidak terbuang banyak. Berikut ini lima tips cara mengemas barang untuk berpindah rumah:

1. Siapkan ruangan dan kardus/wadah kosong

Ketika ingin mengemas barang, Anda perlu menyiapkan satu ruangan kosong yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan kardus-kardus barang-barang Anda. Hal ini agar barang tersusun rapi dan mudah dicari serta dipindahkan kelak. Tentu sebelumnya juga harus menyiapkan kardus atau wadah lain untuk menampung barang-barang yang akan dipindahkan.

2. Kategorikan barang
Pastikan pula ketika menyimpan barang-barang di kardus atau wadah, Anda mengkategorikannya. Contohnya seperti pakaian, harus memasukkan satu kardus itu dengan isi pakaian semua agar kelak ketika mencari barang itu mudah ditemukan.

3. Menamai Kardus
Kardus yang telah terisi perlu dinamai sesuai dengan kategori barang apa yang terdapat di dalamnya. Hal ini agar mempermudah Anda mencarinya kelak.

4. Melakukan secara bertahap
Pastikan mengemas barang-barang rumah secara bertahap dan teratur. Lebih baik, barang-barang yang jarang digunakan dan bukan barang-barang pokok dikemas sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal berpindah. Barulah kemudian urutkan hingga barang-barang yang benar-benar pokok adalah barang terakhir yang dikemas.

5. Mengecek setiap sudut ruangan dan lemari
Pastikan Anda mengecek lagi setiap sudut ruangan dan lemari. Ini dilakukan agar tidak ada barang-barang yang tertinggal atau agar tidak ada barang-barang yang tercampur-campur penempatannya.

Itulah lima cara berkemas rumah untuk berpindah. Semoga membantu para pengunjung ketika ingin pindah rumah. Agar kelak ketika berkemas, dapat lebih menghemat waktu serta tenaga.