Inilah Cara Menghilangkan Semut Merah di Rumah Secara Menyeluruh

Advertisement
Semut merah atau semut api termasuk jenis semut yang ganas dan cukup berbahaya, meskipun tidak menyebalkan. Gigitan semut terasa sakit sekali dan bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat dan Bisa menimbulkan bintik merah pada kulit, terutama kulit yang sensitif.
Semut api bisa muncul dari mana saja di lingkungan rumah, baik di dalam maupun luar rumah. Oleh karena itu, keberadaan semut api harus dihindarkan di rumah agar tidak mengganggu aktivitas orang rumah ataupun bisa melukai binatang peliharaan, seperti kucing dan lain sebagainya.

Tips Mengusir Semut Merah di Rumah


Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan semut merah di rumah secara ampuh, total atau menyeluruh. Dan inilah  caranya:
  
Menghilangkan semut merah di dalam rumah
Bila di dalam rumah terdapat semut merah, maka segeralah mencari sumber atau sarang semut merah tersebut. Biasanya sarang semut api sering berada di sudut ruang rumah dan di pinggiran pintu keluar rumah. Bila sudah ketemu, maka lakukan beberapa langkah berikut ini;
1.    Tutuplah pintu masuk semut ke dalam rumah atau batasi areanya dengan  menggunakan cuka atau pestisida yang aman. Siramkan atau semprotan ke bagian sarang dan jalur jalannya semut merah di ruang rumah.
2.    Temukan segera pusat sarang koloni semut merah di seluruh sudut ruangan rumah anda, dengan cara mengikuti jejak jalur koloni semut merah itu sendiri. Bila sudah ketemu, lekas semprot dengan insektisida khusus dalam agar bisa membunuh langsung koloni semut merah tersebut.  

Menghilangkan semut merah di luar atau halaman rumah
Daerah luar atau halaman rumah memang bisa dibilang sangat rawan terhadap gangguan semut merah atau api. Oleh karena itu, periksa dan bersihkan secara rutin seminggu sekali halaman agar bisa aman dan nyaman untuk digunakan bersantai dan bermain. Apabila sudah terdapat koloni semut merah di halaman, maka segera lakukan beberapa langkah berikut ini;
1.    Periksa semak-semak, pipa dan sisi jalan untuk bisa mencari sarang koloni semut merah secara menyeluruh. Jika diperlukan, gunakanlah pelindung tangan atau kayu untuk memeriksanya agar Anda bisa terlindungi.
2.    Bila sudah menemukan beberapa titik jalur dan sarang koloni semut merah, segeralah semprot dengan insektisida. Penggunaan insektisida di sini harus berdasarkan aturan yang terdapat di label produk insektisida dan jangan berlebihan agar tidak membunuh hewan lain yang berguna untuk tumbuhan yang ada di area itu. Dalam melakukan penyemprotan ini, Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan dan topi serta masker. Di sini, Anda bisa menutupi lubang-lubang sarang semut yang sudah disemprot tersebut dan taruh beberapa kulit telur bila ada. Setelah selesai, segeralah Anda membersihkan diri untuk kesehatan Anda sendiri.  

Demikianlah cara menghilangkan semut merah di rumah secara total atau menyeluruh yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini. Semoga berguna ya!