Beginilah Adab Masuk Rumah Baru Cara Islam Berdasarkan Tuntunan Hadist

Advertisement
Memiliki dan menempati rumah baru tentu menjadi sebuah karunia bagi seseorang, terutama bila seseorang tersebut telah memiliki keluarga baru atau baru menikah. Dan karunia dari Allah itu, tentu saja harus diwujudkan dengan rasa syukur agar rumah yang mereka tempati tersebut bisa menjadi ladang kebaikan dan ibadah pada sang Kholiq.

Membahas tentang dalam menempati rumah baru di sini, ternyata nabi besar Muhammad SAW juga telah memberikan petunjuk tentang adab menempati rumah baru melalui pedoman hadist. Jadi, dengan kata lain, ada adab-adab tertentu yang harus dilakukan ketika orang islam memasuki rumah barunya. Dan apa saja adab-adab tersebut?

Adab Memasuki Rumah Baru Dalam Islam


Ya, di sini kami akan mencoba memberikan informasi tentang adab masuk rumah baru cara islam yang sesuai dengan pedoman hadist nabi tersebut. Tanpa basa-basi lagi, berikut adab-adabnya;

1.    Memanjatkan rasa syukur terhadap Allah SWT
Sudah seharusnya sorang muslim harus memanjatkan rasa syukur pada Allah SWT akan setiap karunia-Nya, tidak terkecuali karunia bisa menempati rumah baru.

2.    Membaca doa khusus
Doa khusus di sini adalah doa ketika memasuki rumah baru. Jadi saat memasuki rumah baru, hendaknya membaca doa khusus, yakni doa :
“ Masya Allah laa Quwwata illa billaah”
Yang arti terjemah Indonesianya : Sungguh atas kehendak Allah-lah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

3.    Melakukan syukuran rumah atau walimah al-wakirah
Adab ini sebagai penyempurna rasa syukur sang pemilik rumah baru. Di sini, pemilik rumah baru mengundang para tetangga, kerabat dan lainnya untuk datang mengunjungi rumah barunya. Biasanya mereka berkumpul melakukan pengajian dan doa juga acara makan-makan bersama. 

4.    Banyak membaca Al-Quran, terutama surah Al-Baqarah
Ketika sudah menempati rumah baru, sebaiknya  sang pemilik atau para penempat rumah baru tersebut banyak membaca Al-Quran, terutama surah Al-baqarah. Hal bertujuan untuk mengusir gangguan  jin dan setan terhadap rumah.

5.    Bersikap tenang dan tidak khawatir
Biasanya orang suka merasa khawatir duluan ketika menempati rumah baru atau berada di lingkungan baru. Sebagai seorang muslim yang percaya akan kebesaran Tuhannya, maka sebaiknya hindari perasaan khawatir terhadap rumah baru dan lingkungannya dengan sering berdzikir dan bersikap tenang serta ramah terhadap para tetangga.

Demikianlah bahasan tentang adab masuk rumah baru cara islam yang sesuai dengan tuntunan nabi tentunya. Semoga berguna!