Beginilah Cara Mengawetkan Bambu Untuk Rumah Yang Efektif dan Efisien

Advertisement
Sudah tak perlu dijelaskan lagi bahwa bambu memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan manusia, terutama sebagai bahan dasar berbagai peralatan rumah tangga, seperti kursi, meja, lemari, piring, dan berbagai peralatan dapur lainnya. Bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan rumah yang unik dan menarik. Tetapi sayangnya, bambu memiliki kekurangan, yakni tidak tahan lama.


Lalu bagaimana cara mengawetkan bambu agat bisa tahan lama,tidak cepat rapuh atau kuat? Berikut akan kami jelaskan tentang cara mengawetkan bambu untuk rumah yang cukup efektif dan efisien;

1.    Mencari bambu tidak muda juga tidak tua dan waktu yang tepat saat dipanen
Bila kita menginginkan bahan bambu yang baik dan bagus serta bisa awet untuk digunakan dalam rumah, maka carilah bambu yang tidak muda juga tidak tua saat dipanen. Umur bambu yang siap dipanen rata-rata berusia 3-4 tahun. Selain itu, usahakan bambu tersebut dipanen pada waktu yang tepat, yakni pada musim musim kemarau dan pada waktu sekitar jam 14.00-16.00.     

2.    Membersihkan bambu secara keseluruhan
Setelah mendapatkan bambu yang tepat sesuai dengan syarat di atas, usahakan bambu tersebut dibersihkan secara menyeluruh dari ranting dan daun serta debu-debu yang menempel pada bambu. Andapun bisa memanggang bambu di atas bara api agar getah bambu hilang. Jika ukuran bambu memungkinkan atau dipotong-potong, anda bisa merebus bambu tersebut dengan air mendidih yang dicampur dengan soda (3 sendok soda per 15 liter air) agar bisa menghilang noda pada bambu secara keseluruhan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa gunakan air garam atau acid dalam membersihkan bambu. Setelah bersih, jemurlah sampai kering.    

3.    Melapisi bambu dengan cairan vernis atau ter atau cat khusus bambu
Setelah kering, lapisi bambu secara merata dengan vernis, ter atau cat khusus bambu sebagai proses pengawetan yang maksimal. Tetapi Anda juga bisa menggunakan minyak atau oli bekas sebagai alternatif bahan pengawetnya.  

4.    Menjemur bambu secara susunan vertikal sampai kering  
Setelah step 3 dilakukan, barulah kita melakukan penjemuran bambu lagi. Susunlah bambu-bambu yang sudah dilapisi tersebut dengan susunan vertikal lalu diamkan (jemur) samapi kering.  Setelah kering, barulah bambu-bambu tersebut kita manfaatkan untuk rumah kita. 

Nah, cukup mudah bukan cara mengawetkan bambu untuk bahan rumah di atas? Oleh karena itu, jangan ragu lagi dalam menggunakan bambu sebagai bahan perabotan rumah kita!