Simple! Cara Bersihkan AC Rumah Secara Mudah dan Optimal

Advertisement
Pada umumnya orang malas membersihkan ac yang ada di rumahnya, padahal menjaga kebersihan ac merupakan hal yang perlu dilakukan agar mesin ac bisa bekerja secara baik dan optimal. Hal itu mungkin dikarenakan banyak orang menganggap bahwa membersihkan ac itu membutuhkan keahlian tertentu, menyita waktu dan ada rasa takut bisa merusak mesin ac itu sendiri.

Tetapi pada kenyataannya, ac dengan merk apapun bisa dibersihkan secara mudah saja, tanpa banyak melakukan hal-hal yang merepotkan. Selain bisa menghemat anggaran, membersihkan ac secara sendiri juga menjadi suatu hal yang menyenangkan di waktu senggang, terutama bagi orang yang memiliki hobi mengoprek mesin dan memiliki banyak waktu luang. Tanpa banyak basa-basi lagi, kami akan memberikan tipsnya dalam artikel ini. Inilah cara bersihkan ac rumah yang mudah;

1.    Membersihkan debu yang ada di ac dan sekitarnya

Langkah pertama dalam membersihkan ac di rumah adalah membersihkan mesin ac dari debu-debu secara keseluruhan dengan kain lap. Hal ini berguna untuk memudahkan kita dalam membuka filter dan mesin ac menjadi bersih secara optimal. 

2.    Membuka filter AC secara perlahan
Setelah itu, kita bisa membuka filter ac. Memang terkadang dalam membuka filter ac tersebut, bisa tergantung dengan merk ac tetapi pada dasarnya cukup mudah dilakukan bila kita mengikuti buku petunjuk mesin ac. Bila sekali bisa dilakukan, maka akan mudah dalam melakukannya lagi.    

3.    Membersihkan filter AC dengan kuas
Setelah filter ac berhasil dibuka, maka lakukan pembersihan filter tersebut dengan kuas yang sesuai ukur filter agar tidak merusaknya. Setelah itu, Anda boleh membersihkannya sekali lagi dengan menggunakan vacum cleaner atau lap kain yang basah. Hal ini dilakukan agar sisa-sisa debu yang masih menempel bisa tersingkirkan dengan baik hingga filter bisa bersih secara optimal. Setelah sudah yakin bersih, maka pasang kembali penutup filter dengan benar dan pas. Lakukan pemasangan filter ini secara hati-hati, jangan sampai patah atau merusak ac itu sendiri.

Begitulah cara bersihkan ac rumah di atas. Cukup mudah, bukan? Maka dari itu, lakukan sendiri dalam membersihkan ac rumah mulai dari sekarang juga!