Tips dan Cara Mengecat Dinding Rumah Kayu Yang Optimal

Advertisement
Memiliki rumah yang banyak memakai bahan kayu memang sudah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir ini, terutama di Indonesia. Maka dari itu, tak heran bila sudah banyak rumah kayu yang telah berdiri kokoh di komplek-kompleks perumahan. Mungkin salah satunya adalah rumah kita sendiri. Merawat rumah kayu memang susah-susah gampang, karena membutuhkan perawatan yang cukup ekstra dibandingkan dengan rumah yang dominan dengan dinding tembok.


Tetapi perlu diketahui, bahwa merawat rumah kayu sebenarnya cukup sederhana saja asalkan bisa dilakukan secara benar dan telaten, terutama dalam hal mengecatnya. Mengecat rumah kayu tentu berbeda dengan mengecat rumah dinding tembok, karena membutuhkan tehnik tersendiri. Nah, di sini kami akan memberikan trik cara mengecat dinding rumah kayu yang cukup praktis dan optimal untuk dilakukan sendiri. Berikut triknya;

1.    Bersihkan dinding kayu dengan amplas hingga rata dan licin
Hal yang paling pertama dalam mengecat dinding rumah kayu adalah mengamplasnya sampai rata dan halus dengan kain amplas. Hal ini dilakukan agar pewarnaaan dinding kayu bisa lebih mudah dan menghasilkan efek pewarnaan yang indah dan maksimal.

2.    Aduk rata cat dasar hingga merata dan mengoleskannya pada dinding kayu rumah secara merata
Dalam mengecat dinding kayu rumah disarankan menggunakan cat dasar kayu terlebih dahulu. Cat dasar kayu ini berfungsi lebih melindungi kayu dari serangan rayap dan agar cat kayu bisa menempel secara sempurna pada kayu nantinya. Catlah dinding rumah kayu dengan cat dasar secara merata hingga meresap dan tunggulah beberapa menit sampai mengering. 

3.    Amplas kembali dinding kayu secara halus
Setelah langkah 2 di atas selesai, lakukan pengamplasan kembali pada dinding rumah kayu sampai halus secara perlahan saja.  

4.    Mengecat dinding dengan cat kayu dengan tehnik gerakan ZigZag
Langkah 3 selesai, kemudian lakukan pengadukan cat kayu secara merata lalu catlah dinding rumah kayu dengan tehnik gerakan ZigZag hingga merata dan selesai semuanya.

5.    Cat ulang dinding kayu secara merata
Proses cat ulang ini dilakukan agar pewarnaan cat pada dinding rumah kayu bisa maksimal, baik secara efek warna yang dihasilkan nanti dan penjagaan bahan kayu itu sendiri.

Begitulah trik cara mengecat dinding rumah kayu yang cukup praktis dan optimal untuk dilakukan sendiri oleh Anda sebagai sang penghuni. Semoga bermanfaat bagi pengunjung cararumahmurah.com!