Cara Mudah Mengetahui Arah Kiblat Di Rumah Secara Cepat dan Benar

Advertisement
Shalat dan kiblat memang dual hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Karena untuk dapat melaksanakan shalat diharuskan mengarah ke arah kiblat yang benar yakni ke arah ka’bah. Oleh sebab itu, setiap umat islam haruslah mengetahui secara  tepat posisi kiblat di rumahnya agar shalat yang dilakukan menjadi sah. Nah, sebagai umat islam diharapkan jangan sampai melakukan kesalahan yang fatal dan terus berulang dalam menentukan arah kiblat ini, yakni dengan memastikan arah kiblat yang benar dan tepat, terutama di rumah tempat tinggalnya.


Tetapi bagaimana bila masih ada pemilik rumah yang masih bingung terhadap arah kiblat yang tepat dan benar, terlebih pada saat baru pindah rumah? Nah di sini kami akan memberikan beberapa tips tentang cara mengetahui arah kiblat di rumah secara benar dan tepat. Berikut tipsnya:      

1.    Dengan mengetahui lokasi rumah terhadap posisi Ka’bah
Pada umumnya umat islam di Indonesia sudah mengetahui posisi wilayah negara indonesia terhadap posisi Ka’bah, yakni ke arah barat. Namun perkiraan tentang posisi arah kiblat yang cukup mengarah ke arah ke barat saja tersebut belumlah tentu tepat dan benar bila mengingat posisi rumah yang mungkin membutuhkan kemiringan sudut tertentu dari arah barat tersebut Oleh karena itu, diperlukan suatu metode lainnya untuk bisa memastikannya secara tepat dan akurat, yakni bisa dengan kompas secara praktisnya.

2.    Memanfaatkan posisi matahari
Bila sudah mengetahui posisi wilayah negara/kota di mana rumah kita berada terhadap posisi Ka’bah, Mekah, Arab Saudi maka memudahkan kita dalam memastikan ketepatan arah kiblat dengan memanfaatkan posisi pergerakan matahari terhadap bumi.    

3.    Menggunakan jam matahari
Cara ini umumnya digunakan orang-orang pada zaman dahulu dan orang masa kini yang mengetahui cara membuat dan kinerja jam matahari saja.

4.    Menggunakan jam tangan
Bagi para pengguna jam tangan analog tentu sudah banyak mengetahui kelebihan jam tangan yang sedang dipakainya, yakni bisa membantu menentukan arah kiblat di manapun dia berada. Prinsip kerja jam analog terhadap penentuan arah kiblat dengan memposisikan jam secara horizontal dan mengarahkan jarum jam ke arah matahari. Arah yang terletak di antara angka 12 dan jarum jam yang tertunjuk ke matahari merupakan arah selatan. Dari patokan arah selatan  ini, kita bisa menentukan arah lainnya, terutama arah kiblat.

5.    Menggunakan kompas
Sekarang ini harga kompas sangat murah dan mudah didapatkan. Oleh karena itu, manfaatkan kompas dalam menentukan arah kiblat di rumah secara tepat.

6.    Menggunakan teknologi aplikasi arah kiblat
Sekarang ini sudah terdapat beberapa aplikasi penentuan arah kiblat untuk ponsel dan layanan online penunjuk arah kiblat bagi muslim di seluruh dunia seperti QiblaFinder. Jadi, manfaatkan teknologi ponsel dan aplikasi penunjuk arah kiblat di rumah agar dapat melaksanakan kewajiban sholat sebagai umat muslim.

Itulah beberapa tips tentang cara mengetahui arah kiblat di rumah secara cepat, tepat dan benar. Semoga bermanfaat agar sholat Anda semakin khusyuk!