Cara Menghitung Biaya Cor Rumah Secara Tepat dan Aman

Advertisement
Harga rumah di jaman sekarang sudah sangat mahal, apalagi bila dengan pengajuan kredit bank. Salah satu faktor penyebabnya adalah mahalnya bahan-bahan bangunan dan ongkos pekerjanya. Maka tak heran, bila kini banyak orang melakukan sendiri penghitungan biaya pembangunan rumahnya sendiri agar bisa melakukan pengiritan biaya tetapi dengan hasil yang memuaskan tentunya.

Salah satu biaya pembangunan rumah yang bisa diirit adalah pembangunan cor rumah. Bagaimanakah cara menghitung biaya cor rumah secara tepat agar bisa irit tetapi tetap maksimal hasil pengerjaannya? Nah, di sini kami akan membocorkan beberapa tips tentang hal tersebut. Dan inilah tipsnya:

1.    Tentukan volume cor rumah


Hal yang paling penting dalam pengecoran rumah adalah volume lantai rumah. Hal ini tentu berdasarkan penghitungan kubik sehingga rumus penghitungan volume cor rumah adalah:
Volume = Panjang x Lebar x Tebal/Tinggi.

Keterangan : Tebal/ Tinggi di atas biasa senilai 0,12 yang didapat dari konversi tebal standar 12cm plat lantai secara umum (biasa digunakan pengecoran plat lantai/dak rumah atau ruko). Sebagai contoh kasus untuk mengecor dak rumah dengan ukuran sebagai berikut :

Panjang: 10 m 
Lebar: 17.5 m
Tebal plat: 0.12 m (12 cm)
Dan bagian tiang baloknya di sini kita bisa anggap sudah di cor.
Maka penghitungan volume cor rumah tersebut akan menjadi :
Volume = 10 x  17.5 x 0.12 = 21 m per kubik

Kini pertanyaannya : berapa truk mixerkah yang harus dipesan untuk lahan cor dengan volume tersebut di atas? (ket : truk mixer di sini berisi campuran bahan untuk pengecoran rumah)
Di sini, kita akan memakai rumus :
Jumlah truk mixer besar = Total volume : 7 atau Jumlah truk mixer kecil = Total volume : 3
Maka :
21 : 7 = 3 truk mixer besar  atau  21 : 3 = 7 truk mixer kecil
Penghitungan di atas belum termasuk biaya papan, paku dan beberapa lainnya lagi.       

2.    Gunakan besi beton yang kuat
Beton yang kuat tentu akan lebih menghemat biaya di waktu mendatang daripada beton yang rapuh karena tak membutuhkan biaya perbaikan yang mahal di saat hal yang tak terduga terjadi.
  
3.    Pastikan komposisi campuran semen dan pasir secara pas
Anda bisa turun langsung dengan memeriksa komposisi yang tepat agar pengecoran rumah berjalan sesuai harapan dan bisa menghindari pemakaian bahan yang tidak benar atau terbuang sia-sia. Komposisi yang pas ini akan mempengaruh sisi biaya juga.

4.    Konsultasi atau gunakan jasa arsitek yang profesional
Tips ini diambil sebagai langkah yang efektif terutama dalam segi keamanan dari proses pengecoran rumah.

5.    Usahakan rekrut pekerja bangunan secara borongan 
Langkah ini hal yang paling penting dalam pengecoran rumah, terutama sisi biayanya. Disarankan untuk menggunakan tukang borongan yang bisa bekerja dengan baik dan profesional.

Demikian tips tentang cara menghitung biaya cor rumah secara tepat dan aman. Semoga berguna bagi sahabat cararumahmurah.com!