5 Cara Menghilangkan Debu Di Rumah Secara Efektif

Advertisement
Semua tentu menginginkan rumah yang bersih dan bebas debu karena hal itu merupakan sebagai salah cara dalam menjaga kesehatan para penghuninya. Menjaga rumah tetap bersih dan bebas debu tentu memerlukan suatu usaha, terlebih debu-debu terkadang sering saja masih ada  dan bahkan datang lagi memenuhi ruangan di rumah. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa tips cara menghilangkan debu di rumah secara efektif. Tanpa basa basi lagi, langsung simak saja tipsnya berikut ini:


1.    Menggunakan lap basah dalam membersihkan

Dalam menghilangkan debu pada berbagai perabotan rumah, sebaiknya gunakan lap basah karena lap basah mencegah debu beterbangan kemana-mana dan jauh lebih efektif membersihkan debu dari pada sapu atau kemoceng. Jika Anda memiliki vacuum cleaner alias mesin penyedot debu, maka itu jauh lebih baik. Terlebih bila vacuum cleaner tersebut keluaran terbaru yang efektif membersihkan partikel kotor debu hampir 99 persen. Gunakan vacuum claener untuk membersihkan karpet, sofa, gorden dan perabotan lainnya serta di tiap sudut ruang terutama yang lebih sering terkena sinar matahari.

2.    Menggunakan kipas angin sistem sedot-buang (exhaust fan)
Kipas angin sistem sedot buang ini cukup efektif dalam membersihkan ruang tanpa banyak usaha. Kipas angin ini juga bisa menyegarkan ruang di dalam rumah, selain mengurangi debu yang beterbangan di rumah.

3.    Menggunakan air purifier (mesin penyaring udara)
Jika Anda memiliki dana lebih untuk membeli perabotan rumah, maka beli mesin air purifier, yakni suatu mesin yang mirip dengan AC. Mesin ini akan membuat rumah Anda tetap terjaga dari debu-debu karena filter dalam mesin ini memang berfungsi menyaring udara dari berbagai kotoran, terutama debu.

4.    Meminimalisasi pemasangan figura foto atau lukisan
Tips ini sebenarnya merupakan cara untuk mencegah debu-debu ada di rumah.  Tetapi tips ini cukup efektif dalam mengurangi debu di rumah. Maka dari itu, usahakan jangan memasang terlalu banyak pajangan, seperti figura foto, lukisan atau gambar di dinding rumah karena akan mengundang debu untuk berkumpul di sekitar pajangan tersebut.
  
5.    Menghindari penggunaan kasur dan bantal dari kapuk
Kasur dan bantal yang terbuat dari kapuk agak sulit untuk dibersihkan karenanya bisa menjadi istana bagi debu. Oleh sebab itu, hindari penggunaan kasur dan bantal yang terbuat dari bahan kapuk di rumah.

Itulah tips tentang cara menghilangkan debu di rumah dalam bahasan kali ini. So, selamat mulai membersihkan rumah saja ya!