Cara Membersihkan Pipa Air Rumah Yang Mudah

Advertisement
Rumah adalah tempat yang umumnya digunakan sebagai tempat berkumpul dan beristirahat para anggota dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu, rumah yang bersih dan terawat rapi tentu menjadi impian setiap keluarga, terutama ruang dapur dan kamar mandi atau toilet. Ruang dapur dan kamar mandi pastinya terdapat lubang saluran air yang harus selalu diperhatikan dalam perawatan dan kebersihannya agar tidak tersumbat.


Pipa kalau sudah tersumbat, pastilah hal tersebut akan sangat merepotkan. Akan ada genangan air di beberapa tempat, terutama di tempat cuci piring, kamar mandi bahkan toilet akan ikut tersumbat dan terdapat genangan air yang sangat mengganggu karena bisa membawa kuman penyakit hingga membuat penghuni sangat tidak nyaman dibuatnya. Lalu bagaimana kalau sudah terjadi penyumbatan pada saluran air di rumah kita? Nah, itulah yang akan kami mau bahas dalam artikel ini. Berikut ini ada tiga cara membersihkan pipa air rumah secara praktis:

1.    Menggunakan penyodok kayu atau kawat
Bila saluran air belum benar-benar tersumbat maka cara ini mungkin bisa dilakukan, yakni menggunakan kayu atau kawat yang tebal sebagai penyodok. Pertama kita bersihkan dulu pusat genangan air dari kotoran rambut, sabun, kertas atau apapun sampai bersih. Lalu diamkan beberapa menit. Bila masih terdapat genangan air, berarti gunakan penyodok kayu atau kawat untuk menyodok saluran pipa yang mungkin ada beberapa kotoran yang masuk hingga menyumbat aliran air. Sodok terus sampai kotoran penyebab saluran air tersumbat. Bila sudah berhasil, berarti air akan mengalir lancar kembali seperti semula.   

2.    Menggunakan soda api
Cara ini cukup praktis karena hanya melakukan racikan soda api yang bisa dibeli di toko bangunan. Caranya cukup mencampur air hangat dengan soda api lalu masukkan larutan soda api tersebut ke dalam saluran air yang tersumbat dengan menggunakan alat corong. Tunggulah sampai berbunyi letupan/gemuruh dari dalam pipa saluran yang diberi larutan soda api tersebut. Diamkan beberapa menit lalu siramkan atau salurkan air sebanyak mungkin ke dalam saluran tersebut sampai air yang penuh kotoran keluar semua. Setelah air yang mengalir sudah bersih, barulah kita bisa gunakan saluran air seperti biasa.      

3.    Memanggil tukang ledeng
Bila 2 cara tersebut di atas masih terlalu merepotkan bagi Anda, maka cara terakhir adalah memanggil tukang ledeng yang bisa mengatasi saluran air di rumah. Sebaiknya kemukakan dulu inti permasalahan saluran rumah Anda untuk mendapatkan perbaikan yang tepat guna.

Itulah tiga cara membersihkan pipa air rumah secara praktis yang dapat kami uraikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan gerak cepat bereskan pipa di rumah ya!