Bagian Atap Rumah dan Cara Membuat Rangka Atap Rumah Dari Kayu

Advertisement
Dalam membangun sebuah rumah tentu membutuhkan beberapa tahap atau proses. Tahap tersebut antara lain, tahap membangun pondasi rumah, tahap membangun kerangka bangun rumah, tahap membangun atap rumah  dan lain sebagainya. Dan dalam tiap-tiap tahap itu juga terdapat beberapa tahap atau proses lagi, seperti tahap dimana terdapat cara membangun rangka atap rumah dari kayu yang terdiri beberapa tahap sesuai dengan bagian atap itu sendiri. Berdasarkan ilmu teknik sipil, atap rumah terdiri dari beberapa bagian, yakni sebagai berikut:

1.    Jurai
Bagian jurai ini merupakan bagian di mana ada pertemuan sudut dari kerangka atap. Jurai ini ada dua, yakni jurai dalam dan luar.

2.    Gording
Bagian gording ini terletak di atas kuda-kuda. Gording biasanya berada dalam posisi tegak lurus terhadap posisi bagian kuda-kuda. Gording ini juga merupakan pembantu bagian usuk yang berfungsi penahan beban dari penutup atap, orang atau beban lainnya. Oleh karena itu, posisinya harus tepat yang disesuaikan dengan panjang bagian usuk atap.

3.    Usuk
Bagian Usuk ini sebagai inti penahan beban bagan penutup dan reng dari atap. Usuk ini biasanya dibuat dari kayu dengan ukuran 5/7 cm dengan panjang 4m maksimalnya. Bagian usuk ini dipasang dan dihubungkan dengan bagian gording dengan paku.

4.    Reng
Bagian reng diperlukan bila atap rumah menggunakan penutup dari genteng karena berfungsi sebagai tumpuan genteng tersebut. Bagian ini dibuat dengan kayu-kayu 2/3 cm atau 3/5 cm dengan panjang 3m.

5.    Penutup atap
Bagian penutup atap ini merupakan bagian terluar dari struktur atap yang bisa terbuat dari genteng, asbes, seng dan lainnya. Secara umum, bagian penutup atap rumah yang sering digunakan dalam bangunan rumah modern saat ini adalah genteng yang bersifat kedap air dan tahan lama.

6.    Kuda-kuda
Bagian kuda-kuda dari atap ini merupakan pokok utama kerangka atap. Bisa terbuat dari kayu, beton, baja ataupun besi. Tetapi secara umumnya, orang banyak yang memakai bahan kayu dan baja dalam membangun kuda-kuda atap ini. Cara membuat kuda-kuda kayu ini harus berdasarkan tahap pembuatan bagian atap yang sudah dijelaskan di atas. Jadi intinya, cara membangun kerangka atap rumah harus mendesain bagian kuda-kuda lalu membangunnya dengan kayu baru dilanjutkan ke bagian jurai dengan sagrod (batang besi bulat dari tulangan polos dengan ujung keduanya memiliki ulir dan baut hingga bisa digeser), lalu membuat bagian gording dan usuk, kemudian berlanjut ke pembuatan bagian reng.

Demikianlah bahasan tentang bagian atap rumah dan cara membuat rangka atap rumah dari kayu. Semoga berguna menambah keterampilan tangan Anda!