Inilah Cara Bikin Antena TV Dalam Rumah Yang Simpel Nan Jernih

Advertisement
Televisi atau TV sekarang ini sudah merupakan kebutuhan sandang yang pokok dalam kehidupan masyarakat di saat ini. Hampir semua rumah pasti memiliki sebuah televisi bahkan lebih. Dengan adanya TV di rumah, kita akan bisa menonton beberapa acara yang kita sukai. Tetapi bagaimana kalau TV belum memiliki antena atau sudah memiliki tetapi masih belum jernih tampilannya. Tentu hal tersebut membuat kita merasa kesal karena tak bisa menonton acara favorit dengan tampilan yang jernih, bukan? Memang antena TV sudah banyak yang menjual dengan berbagai bentuk dan harga tentunya. Tetapi hal itu terkadang malah membuat kita tambah kesal, terutama bila sudah keluar duit banyak tetapi masih saja tidak jernih tampilannya.


Tidak ada salahnya untuk mencoba belajar kreatif yang sekaligus bisa menghemat biaya dalam memenuhi kebutuhan akan antena TV di rumah. Nah, untuk itu kami akan membantu kalian dalam cara membut antena TV dengan beberapa bahan bekas yang mungkin ada rumah kalian. Berikut cara bikin antena TV dalam rumah yang sederhana tapi memuaskan hasilnya;

1.    Menggunakan tutup panci bekas
Membuat antena TV dengan bahan dasar panci bekas ini, tentu memerlukan bahan pelengkap dukungan, di antaranya adalah Plat nomor kendaraan bekas yang sudah tak terpakai, pipa alumunium dengan silinder 20cm, kayu reng 1m, paku, lakban, gunting, dan bambu atau kayu. Cara membuatnya, adalah sebagai berikut;
  • Plat nomor dipotong dua dan masing-masing dibentuk menjadi seperti bentuk baling-baling atau kupu-kupu
  • Gunakan kayu reng sebagai penyangga plat nomor berbentuk kupu-kupu atau baling-baling
  • Kemudian potonglah  pipa alumunium 20cm menjadi dua bagian sama panjang 10cm. Gunakan kayu untuk memasang pipa tersebut.
  • Kemudian rangkailah  panci dan satu-persatu bahan di atas sedemikian rupa dengan lakban. Buat jarak 2cm antara plat dengan lainnya.
  • Apabila sudah selesai, lalu pasang kabel pada dua sisi plat kupu-kupu/baling-baling dan usahakan kabel tersebut tidak saling bersentuhan kemudian pasangkan kayu penyangganya. Antena TV dari panci bekas sudah siap digunakan.

2.    Menggunakan seng bekas
Bahan pendukung dalam membuat antena TV dari seng ini, antara lain; seng 1m, gunting seng, palu, paku, baut dan obeng. Cara membuatnya sebagai berikut;
  • Potong seng dengan bentuk kupu-kupu berdasar presisi lebar 22, panjang 24cm dan diameter tengah 5cm.
  • Kemudian rangkailah seng itu seperti baling-baling dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disiapkan.
  • Kemudian buat lubang di kedua sisi baling-baling seng  lalu tempatkan kabel antena TV.  Antena TV dari bahan seng sudah siap digunakan.
3.    Menggunakan pipa dan kawat
Cara membuat antena TV dalam rumah dengan bahan pipa dan kawat ini cukup simpel, yakni pipa dilubangi masing-masing 2 atau 3 lubang di bagian dua sisi lalu masukan kawat-kawat yang telah dipotong ke dalam lubang tersebut dan bentuk seperti lingkaran atau jaring laba-laba. Rekatkan secara kuat dan benar.  Kemudian tempelkan kabel antena TV di kedua sisi kawat yang telah berbentuk seperti jaring laba-laba dan antena TV kini sudah bisa digunakan.

Demikianlah uraian  tentang cara bikin antena TV dalam rumah yang sederhana. Selamat meningkatkan kreativitas dan ketrampilan Anda sekeluarga!