4 Cara Membeli Rumah Second Hand Yang Legal dan Aman

Advertisement
Memang banyak orang lebih memilih membeli rumah baru dari pihak developer atau pengembang karena legalitas dan kepemilikan akan rumah lebih terjamin. Meskipun begitu, masih ada banyak orang juga yang mulai berpikir untuk membeli rumah bekas atau second hand karena beberapa faktor dan kondisi. Namun perlu dicatat bahwa dalam membeli rumah second hand haruslah berhati-hati agar tidak menyesal ataupun merasa dirugikan karena masalah legalitas, kondisi rumah  dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara-cara membeli rumah second hand yang terjamin legalitas dan keamanannya? Berikut tipsnya;

1.       Penting menggali informasi lebih banyak

Kadang informasi tentang rumah second hand di internet sangat minim bahkan kurang menyakinkan. Oleh karena  itu, perlu mencari informasi yang lebih banyak lagi selain dari internet, terutama dari orang-orang sekitar rumah atau kantor. Dengan semakin banyaknya informasi, maka kemungkinan untuk mendapatkan rumah bekas yang sesuai atau diidamkan akan lebih besar.

2.       Memperhatikan lokasi rumah dan sekitarnya

Bila sudah mulai mengincar suatu rumah second hand, lekas perhatikan lokasi rumah tersebut beserta lingkungan sekitarnya. Apakah lokasi rumah termasuk aman dan cukup strategis atau tidak? Kedua hal ini sebaiknya dipikirkan secara matang-matang setelah mengetahui harga jualnya.

3.       Mengecek semua dokumen rumah

Apabila sudah berminat membeli, jangan lekas langsung membelinya. Sebaiknya perhatikan seluruh aspek legal POPT (Penjual, Obyek, Proses dan Transaksi) rumah second hand tersebut. Dalam hal ini, kita juga harus meminta pemilik untuk menunjukkan bukti kepemilikan rumah dan tanah tersebut yang berupa sertifikat lalu periksalah apakah nama penjual sama dengan nama terakhir yang ada pada sertifikat tersebut atau tidak. Selain itu, untuk menyakinkan mintalah Notaris atau PPAT untuk melakukan cek bersih (clearence) rumah dan tanah tersebut.

4.       Mengecek langsung  kondisi rumah


Setelah berhasil mengecek semua dokumen rumah second hand incaran, pastikanlah mengecek secara langsung untuk mengetahui kondisi terkini rumah tersebut. Apabila ada yang tidak sesuai, sebaiknya meminta perbaikan dahulu atau meminta kesepakatan baru dengan penjual sampai mencapai kesepakatan bersama dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Sehingga bila terjadi apa-apa dikemudian hari, bisa mudah memprosesnya lewat jalur hukum.

Itulah cara-cara membeli rumah second hand yang terjamin keamanannya. Pastikan Anda ditemani orang kepercayaan yang berpengalaman dalam proses pembelian, dan konsultasikan pada pihak yang berwenang dalam jual beli di lingkungan yang baru tersebut!