Cara Membuat Pondasi Rumah Tahan Gempa

Advertisement
Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia termasuk negara yang cukup rawan akan bencana gempa. Itu sebabnya banyak orang yang tinggal di Indonesia sekarang ini sudah mulai memikirkan cara membangun sebuah rumah yang tahan gempa, terutama bagian pondasi rumah. Bagi yang mereka yang memiliki budget yang cukup dalam membangun rumah, sebaiknya mulai dari sekarang memikirkan tentang membangun pondasi rumah yang bisa tahan gempa. Jadi bila terjadi gempa, rumah kita tidak akan terlalu parah kerusakannya dan bisa lebih memudahkan dalam rekontruksi pembangunannya kembali juga lebih hemat biaya nantinya.

Berdasarkan beberapa saran yang didapat dari para arsitektur tentang bagaimana cara membangun sebuah rumah yang bisa tahan gempa, kami akan mencoba memberikan tips-tips tentang tata cara membuat pondasi rumah tahan gempa dalam bahasan kali ini. Berikut ini tips-tipsnya;

1. Membuat banyak ikatan

Dalam membangun rumah sederhana yang bisa tahan gempa, sebaiknya memakai banyak ikatan yang kuat, meliputi ikatan antara pondasi dan kerangka tembok atau dinding serta atapnya. Hingga bila terjadi gempa, ikatan kuat tersebut akan saling menahan jadi memungkinkan penghuni rumah bisa memiliki waktu untuk segera keluar rumah sebelum bangunan rubuh atau rusak. Pondasi juga tidak akan terlalu rusak hingga bisa lebih mudah dalam memperbaiki atau membangun kembali. 

2. Membangun rumah dan pondasi dengan memakai sistem bantalan bola atau silinder

Teknik sistem bola atau silinder ini berfungsi menahan getaran akibat gempa hingga pondasi bisa tetap utuh dan bangunan rumah tidak parah kerusakannya bila terguncang  oleh gempa.

3. Memastikan memakai bahan dasar pondasi yang berkualitas dan proses pengerjaan yang benar

Bahan dasar pondasi seperti bebatuan bata, semen dan pasir yang berkualitas tinggi tentu menjadi salah satu faktor kuatnya pondasi yang dibangun. Usahakan dalam proses pengerjaan pondasi dilakukan secara benar dan benar-benar sampai kering selama melakukan proses pensemenannya hingga akan menjadi kuat dan tidak mudah rapuh bila terkena gesekan dalam tanah.


Itulah beberapa tips tentang tata cara membuat pondasi rumah tahan gempa dalam artikel ini. Semoga memberikan masukan pada pembaca mengenai jenis pondasi yang cocok untuk pembangunan rumah mendatang!