Inilah Cara Mencegah Ulat Bulu Masuk Rumah

Advertisement
Rumah merupakan tempat tinggal yang harus dijaga kebersihan demi kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Rumah yang bersih dan bebas dari gangguan, terutama hewan serangga, ulat ataupun lainnya tentu menjadi idaman bagi pemilik atau penghuninya. Biasanya rumah dengan banyak pepohonan rentan terhadap hewan serangga maupun ulat, terutama ulat bulu.


Oleh sebab itu diperlukan suatu cara agar ulat bulu jangan sampai bisa masuk rumah. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara-cara mencegah ulat bulu masuk rumah secara alami dengan bahan-bahan yang sering ada di sekitar kita :

1.       Menggunakan sumpit kayu

Sumpit kayu di sini kita gunakan untuk mengambil langsung ulat-ulat bulu yang ada di sekitar rumah, terutama di pepohonan halaman rumah. Cara ini cukup efektif dan aman jika jumlah ulat bulu masih dalam jumlah sedikit saja. Mengambil ulat-ulat bulu yang dengan sumpit kayu lalu kumpulkan di suatu tempat untuk dikubur atau dibakar.

2.       Menggunakan bubuk Bacillus thuringiensis (Bt)

Bubuk ini bisa didapatkan dengan membelinya di toko tanaman. Bubuk ini merupakan bakteri baik yang memiliki kemampuan membunuh ulat bulu yang ada di rumah. Bubuk ini sangat aman dan tidak membahayakan hewan lainnya, terutama serangga.  Anda tinggal menaburkan bubuk ini di dedaunan di pohon-pohon yang ada di halaman rumah dan sekitarnya.

3.       Menggunakan Oli

Oli ternyata bisa memiliki kegunaan lainnya selain untuk kendaraan, yakni mampu membuat ulat bulu pergi dan tidak kembali lagi.  Anda cukup mengoleskan oli di sudut-sudut tertentu rumah dan halaman rumah yang sering ada ulat bulunya.

4.       Menggunakan bahan campuran garam, sabun dan minyak tanah

Campuran ini telah terbukti sangat efektif dalam membunuh ulat-ulat bulu yang menyerang rumah. Para petani kebun sudah sering menggunakan campuran ini sebagai pengganti pestisida dalam membasmi semua ulat bulu di pekebunan yang tengah digarapnya. Anda tinggal menyemprotkan campuran garam, sabun dan minyak tanah ini ke pepohonan yang ada di rumah Anda, maka ulat bulu yang ada akan mati dalam beberapa menit saja.

Itulah cara-cara mencegah ulat bulu masuk rumah secara alami yang murah dan efektif serta tidak merusak lingkungan sekitarnya.