Cara Menghitung Jumlah Genteng Rumah Secara Mudah dan Tepat

Advertisement
Menghitung jumlah genteng rumah tidak hanya dibutuhkan dalam rangka membangun rumah saja, tetapi dibutuhkan saat genteng rumah harus diganti karena mengalami kerusakan, kebocoran ataupun hal lainnya. Tidak hanya para kontraktor dan tukang bangunan saja yang harus mengetahui tentang penghitungan jumlah genteng ini, tetapi pemilik rumah juga sebaiknya mengetahui cara menghitung jumlah genteng rumahnya agar bisa digunakan sewaktu-waktu saat ingin mengganti genteng rumah tinggalnya.


Dengan menghitung jumlah genteng yang dibutuhkan, otomatis akan memudahkan pekerjaan dan juga dapat menghemat biaya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang bingung dalam menghitung jumlah genteng rumah secara tepat.  Dengan alasan itulah, kami akan mencoba memberikan trik tentang cara menghitung jumlah genteng rumah secara mudah dan tepat di sini. Langsung simak saja ya triknya di bawah ini;

1. Menghitung jumlah genteng berdasarkan luas atap rumah

Luas atap rumah bisa dijadikan patokan dalam menghitung keseluruhan jumlah genteng rumah dengan mudah. Jadi di sini kita harus mengetahui ukuran luas dari atap rumah kita dahulu untuk memudahkan dalam  berapa banyak jumlah genteng yang diperlukan. Sebagai contoh kasus;

Apabila luas atap rumah adalah 10m x 9m = 90 meter persegi tiap sisinya, maka total luas atap Anda menjadi 90m x 2(jumlah sisi atap rumah) = 180 meter persegi. Dan apabila menggunakan jenis genteng kodok/plentong (tiap 1meter perseginya  berisi 25 buah), maka jumlah genteng yang dibutuhkan adalah 180 x 25 = 4.500 buah.

2. Menghitung jumlah genteng berdasarkan panjang dan lebar pondasi beserta teras rumah

Panjang dan lebar pondasi rumah juga bisa dijadikan acuan dalam menghitung jumlah genteng rumah. Sebagai contoh kasus;

Apabila panjang dan lebar rumah adalah 9m dan 6m, maka luas = (9+1)x(6+1) = 70 meter persegi. Jadi jumlah genteng yang dibutuhkan minimal 70 x 35 = 2.450 buah.

Di sini kita juga perlu menghitung untuk terasnya, yakni; bila luas teras = 5m x 4m= 20, maka 20 x 35 = 700 buah.

Jadi, jumlah total genteng yang dibutuhkan adalah minimal 3.150 buah.

Sebagai catatan penting, disarankan pada saat memesan, sebaiknya dilebihkan dari jumlah genteng yang telah dihitung di atas (misal, lebihkan 25 buah) sebagai antipasi jika terjadi kebocoran atau hal lainnya. Dan itulah cara menghitung jumlah genteng rumah dengan cepat, semoga rencana membangun rumah Anda lancar jaya!