Inilah Cara-Cara Agar Rumah Tidak Banyak Nyamuk

Advertisement
Rumah yang kotor dan banyak nyamuk tentu membuat para penghuni akan merasa sangat tidak nyaman dan cemas akan terkena beberapa penyakit, terutama penyakit demam berdarah. Maka dari banyak pemilik rumah tentunya ingin rumahnya menjadi tetap selalu bersih dan benas dari gangguan dari hewan yang mengganggu, seperti nyamuk. Maka dari itulah dalam bahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang cara-cara agar rumah tidak banyak nyamuk. Tanpa banyak kata lagi, mari langsung simak saja bahasan tentang cara agar rumah menjadi tidak banyak nyamuk;

1.       Memperhatikan dan memperbaiki sirkulasi udara rumah

Nyamuk sangat menyukai tempat yang lembab. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu membuka jendela-jendela rumah pada siang hari dan menutup rapat-rapat pada sore harinya. Secara optimalnya, gunakan kasa nyamuk pada jendela dan lubang ventilasi di rumah agar nyamuk tidak bisa keluar masuk rumah.

2.       Menghindari tumpukan pakaian kotor terlalu lama

Tumpukan baju kotor bisa menjadi tempat yang nyaman untuk persembunyian nyamuk. Maka dari itu, usahakan jangan menumpuk pakaian kotor, apalagi menumpuknya di tempat terbuka dan sampai berhari-hari.

3.       Menutup kembali rapat lemari, terutama lemari pakaian

Udara di dalam lemari, terutama lemari pakaian sangat lembab dan nyamuk tentu saja senang berdiam dan bersarang bahkan bertelur di sana. Oleh sebab itu, usahakan selalu menutup rapat lemari setelah kita membukanya.

4.       Menjaga kebersihan rumah

Hampir semua serangga sangat menyukai tempat yang kotor dan lembab tak terkecuali nyamuk. Maka itu, usahakan selalu tetap menjaga kebersihan rumah demi kesehatan dan kenyamanan para penghuni itu sendiri.

5.       Merawat dengan baik tanaman yang ada di rumah

Bila di rumah terdapat banyak tanaman, maka rawatlah dengan baik dan telaten agar tetap rapi dan bebas dari gangguan dari beberapa serangga pengganggu, seperti nyamuk yang memang sering mencari tempat persembunyian di pepohonan pada siang hari, bahkan bisa bertelur di dedaunan yang berembun. 

6.       Menanam beberapa tanaman anti nyamuk


Untuk pencegahan yang optimal, cobalah untuk menanam dan merawat tanaman anti nyamuk, seperti Zodia, Lavender dan Geranium. Letakan di sudut pintu rumah dan ruang yang ada pintu keluar rumahnya.

7.       Membersihkan tempat penampungan air secara rutin

Genangan air merupakan sarang favorit nyamuk karena di sana dia bisa dengan bebas bersembunyi dan bertelur.  Oleh karena itu, usahakan jangan biarkan tempat penampungan air terbuka begitu saja dan harus dibersihkan secara rutin seminggu sekali.

Itulah cara-cara agar rumah tidak banyak nyamuk yang bisa kami uraikan dalam artikel ini. Semoga berguna dan rumah Anda semakin nyaman dengan sedikit gangguan serangga penghisap darah ini!