Simple, Cara Menanam Daun Sirih Di Rumah

Advertisement
Daun Sirih merupakan salah satu tanaman tradisional yang memiliki banyak khasiat atau manfaatnya, terutama untuk kesehatan. Daun Sirih ini sangat subur di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Hingga sangat mudah untuk kita menanamnya. Bila Anda ingin menanam tanaman tradisional ini di rumah, musim penghujan adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Nah, di sini kita akan memberikan beberapa tips tentang cara menanam Daun Sirih di rumah secara mudah dan sederhana. Adapun tips-tipsnya, langsung simak saja ya berikut ini;

-          Menanam Daun Sirih dengan cara tehnik Stek

Menanam atau membudidayakan tanaman Daun Sirih dengan cara menggunakan tehnik stek ini merupakan cara yang paling praktis untuk dilakkukan dirumah Anda. Anda cukup menyediakan bahan-bahan seperti media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan komposisi 3:3:1 sebagai media tanam Daun Sirih ini. Bila sudah siap, maka tempatkanlah campuran bahan media tanam tersebut ke dalam polybag atau pot berukuran sesuai. Tetapi yang disarankan adalah pot dengan ukuran diameter 10 cm karena untuk mempermudah pertumbuhan Daun Sirihnya nanti.

Bila Anda menggunakan polybag, maka lubangi dahulu bagian bawah polybag sebelem Anda memasukkan media tanamnya. Hal itu dilakukan agar bila dilakukan penyiraman nantinya, air siraman itu tidak menggenangi akar tanaman Daun Sirihnya. Langkah selanjutanya mendapatkan bibit daun sirih dengan metode stek atau memotong batang. Anda bisa mendapatkan bibit stek ini dari batang Daun Sirih yang cukup berumur. Potonglah batang Daun Sirih sekitar 250 cm atau di sepanjang ruasnya lalu rendamlah di air selama 20 menit saja. Bila sudah,  lalu tancapkan batang stek Daun Sirih itu ke dalam media tanamnya dengan jarak yang kira-kira memiliki ruang dalam pertumbuhan akarnya nanti. Selesai sudah cara tanam Daun Sirih ini. Jangan lupa lakukan penmyiraman secara rutin ya! Bila tunas sudah tumbuh, Anda bisa memindahkannya ke area tanam yang lebih luas dan cocok dihalaman rumah Anda.

-          Menanam Daun Sirih dengan cara tehnik merunduk

Menanam Daun Sirih dengan cara ini sangat cocok bila diterapkan untuk Daun Sirih hitam. Tetapi Anda bisa mencobanya dengan Daun Sirih jenis lainnya, asal cara perawatannya harus tepat dengan model sulur atau merambat. Cara tanam dengan cara ini, cukup dengan mengambi batang sulur daun sirih yang panjang lalu mengaturnya supaya sulur tersebut merunduk hingga bisa menempel pada media tanamnya.

Adapun media tanamnya masih sama dengan media tanam dengan cara stek di atas, yakni pupuk kompos, tanah dan pasir dengan perbandingan sekitar 3:3:1. Cukup mudah kan? Lakukan penyiraman secara rutin dan benar, terutama di bagian tempelan sulur daun sirih dengan media tanamnya sampai akar mulai tumbuh di  daerah itu. Bila sudah tumbuh, potonglah batang yang ada akarnya, lalu pindahkan ke pot media tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Siramlah dan rawat secara rutin sampai tumbuh dengan subur.


Demikianlah tips-tips cara menanam Daun Sirih di rumah secara mudah dan praktis yang dapat kami berikan dalam artikel ini. Selamat mencoba dan hijaukan rumah Anda.