12 Cara Mengatasi Semut Kecil Di Rumah

Advertisement
Terkadang kita memang suka dibuat kesal oleh adanya serangga-serangga yang tiba-tiba bisa muncul atau ada di rumah kita, terutama semut kecil. Hewan semut kecil memang tidak berbahaya, namun bisa sangat mengganggu sekali terutama bila ada dalam jumlah banyak dan ada di banyak tempat di rumah kita. Maka dari itu, kita memerlukan suatu cara dalam mengatasi semut-semut tersebut di rumah kita secepatnya. Apa sajakah caranya?

Berikut ada 12 cara mengatasi semut kecil di rumah:


1. Menggunakan cuka

Semut tidak menyukai aroma cuka. Maka itu, Anda bisa gunakan cuka untuk bisa mengusir semut kecil yang ada di rumah. Caranya cukup semprotkan cairan cuka pada tempat atau jalur di mana semut kecil suka lewat atau muncul. Bila cuka mengering, Anda bisa ulangi proses penyemprotan cuka ini sampai semut kecil tersebut benar-benar pergi.

2.  Menggunakan kapur putih

Berdasarkan percobaan atau penelitian, telah diketahui bahwa semut tidak akan pernah menyeberangi garis kapur. Oleh sebab itum Anda bisa menggunakan kapur untuk bisa mengusir semut kecil yang ada di rumah. Buatlah garis-garis dengan kapur putih di tiap jalur biasa semut sering lewat atau ada di rumah Anda. Atau buatlah lingkaran di sarang-sarang semut bila sudah ditemukan.

3.  Menggunakan bedak bayi

Ternyata semut juga tidak menyukai aroma bedak bayi. Jadi Anda bisa menggunakan bedak bayi agar rumah Anda bisa bebas semut. Taburkan bedak bayi di setiap titik semut masuk dan keluar di rumah Anda.

4. Menggunakan perasan jeruk nipis/lemon

Perasan jeruk lemon/nipis ini bisa juga digunakan bahan dasar yang cukup efektif dalam membunuh semut-semut kecil yang ada di rumah. Jadi Anda bisa menyegarkan ruangan rumah, selain membasmi semut kecil dengan menggunakan perasan jeruk lemon/nipis ini.

5. Menggunakan ampas kopi

Cara ini mungkin sangat efektif dan efisien bila ada penghuni rumah memiliki hobi meminum kopi. Karena ampasnya bisa sekalian digunakan sebagai pembasmi semut kecil yang ada di rumah. Anda tinggalkan menaburkan bubuk ampas kopi di sarang semut yang ada di rumah atau di halaman, terutama di pepohonan.

6. Menggunakan garam

Salah satu cara mengatasi hewan pengganggu adalah memberikan zat lawan yang menjadi kesukaannya. Semut sangat menyukai gula, maka kita bisa memberikan garam sebagai alat pengusirnya. Taburkan garam di tempat-tempat biasa semut kecil muncul di rumah, maka semmut kecil akan langsung pergi.   

7. Menggunakan lada

Semut juga tidak menyukai aroma lada. Jadi Anda bisa menggunakan bubuk lada dalam mengatasi semut kecil di rumah. Caranya sama dengan menaburkan garam di atas.

8. Menggunakan bubuk vanila

Sebagai bahan pewangi makanan, vanila bisa Anda gunakan sebagai bahan pengusir semut-semut kecil yang bermunculan di rumah. Caranyapun sama dengan garam dan lada di atas.

9. Menggunakan daun mint

Semut juga diketahui tidak menyukai aroma mint. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan daun mint dalam mengusir semut di rumah. Caranya cukup meletakkan daun-daun mint di tempat keluar masuk semut kecil di rumah Anda.

10. Menggunakan irisan mentimun

Mentimun juga tidak disukai oleh semut karena mengandung zat asam. Maka Anda bisa menggunakan irisan mentimun untuk bisa mengusir semut-semut di rumah.

11. Menggunakan bubuk cabai

Aroma pedas dari bubuk lada sangat dibenci oleh semut. Jadi cukup gunakan bubuk lada dalam mengusir semut-semut yang bermunculan di rumah.

12. Menggunakan potongan kayu manis

Aroma kayu manis juga sangat tidak disukai oleh semut. Maka dari itu, kita bisa gunakan potongan kayu manis ini untuk mengusir semut kecil jauh-jauh dari rumah kita.

Itulah cara-cara mengatasi semut kecil di rumah di sini. Semoga Anda dapat mengatasi semut-semut kecil di rumah! :)