4 Langkah Cara Menanam Cendawan di Rumah

Advertisement
Tanaman cendawan atau biasa dikenal dengan nama jamur merupakan tanaman yang cukup mudah untuk tumbuh, terutama di daerah-daerah lembab. Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang cocok sebagai lahan budidaya cendawan atau jamur. Tetapi ada hal perlu diingat, yakni  cendawan atau jamur ada yang beracun dan ada yang tidak. Jadi, bila berkeinginan menanam cendawan di rumah, jangan sampai salah pilih atau sebaiknya bertanya atau konsultansi dahulu dengan penyedia benih jamur atau orang-orang yang berpengalaman dalam tanaman jamur.

Budidaya Cendawan di Rumah Secara Sederhana


Bila tujuan menanam cendawan di rumah hanya sebagai hobi, penghias rumah ataupun sebagai konsumsi sendiri, maka tidak memerlukan banyak biaya dan ruang.  Nah, di sini kami akan memberikan tips menarik tentang cara menanam cendawan di rumah secara padat dan jelas. Berikut tipsnya;

1. Pilih cendawan yang dapat di budidaya
Karena cendawan banyak macamnya, maka kita memilih yang cendawan yang tidak beracun dan dapat dibudidaya, seperti jamur tiram misalnya. Jamur tiram juga memiliki banyak jenis dan kita  bisa memilih jenis cendawan tiram yang mudah perawatannya dan cepat berkembang biak. Untuk memilih bibit jamur, sebaiknya bertanya dahulu pada petani jamur yang sudah berhasil untuk meminta rekomendasi tentang jamur tiram. 

2. Memastikan media tanam yang tepat
Media tanam tanaman cendawan atau jamur, terutama jamur tiram cukup sederhana saja, yakni berupa campuran dari beberapa bahan seperti serbuk gergaji (80%), bekatul (15%), kapur CaCo3 (3%) dan air (50-60%). Pencampuran bahan media ini tentu saja takaran tertentu (dalam %) dan usahakan tercampur sempurna termasuk dengan bibitnya) dan tidak menetes air agar bisa berhasil. Semua bahan yang tercampur di atas, bisa dimasukan baglog (berupa bambu atau botol yang sudah dibentuk sedemikian rupa) lalu diamkan selama kurang lebih sepuluh hari di dalam ruang rumah yang lembab.

3. Mengatur tepat suhu ruang media tanam 
Usahakan suhu kelembaban yang maksimal dalam ruangan di mana media tanam jamur di simpan. Suhu kelembaban 90-100% dari temperatur 21-27 derajat celcius yang disarankan oleh kami agar jamur bisa berkembang biak secara naik dan cepat.

4. Selalu rutin memeriksa perkembangan cendawan
Bila jamur sudah mulai tumbuh, maka rajin untuk terus memeriksa apakah terdapat jamur liar atau tanaman liar  lainnya di sekitar jamur tiram tersebut. Bila ya, maka lakukan sterilisasi dengan mencabut tanaman liar tersebut sampai habis. Pastikanlah suhu kelembaban ruang tidak berubah atau terjaga.

Itulah ulasan singkat cara menanam cendawan di rumah tanpa banyak ribet. Sampai simak artikel menarik kami lainnya ya!