5 Cara Mencari Tokek di Dalam Rumah yang Gampang

Advertisement
Suara tokek memang terkadang sangat mengganggu orang rumah, atau bisa menjadi hal yang menakutkan bagi orang rumah, terutama anak-anak. Maka dari itu, sangat wajar bila penghuni rumah ingin segera mencari dan bisa mengusir tokek tersebut. Namun ada hal yang menarik dengan tokek, yakni daging dan lidah Tokek dipercaya memiliki khasiat dalam kesehatan kulit dan bahkan kononnya bisa membantu menyembuhkan penyakit HIV Aids meski hal itu belum dikonfirmasi secara pasti dan resmi. Maka dari itu, tokek memiliki harga jual yang cukup tinggi bagi orang berotak bisnis.

Gambar tokek di rumah dari Pixabay.com

Karena alasan tersebut di atas, tak heran bila ada suara tokek, orangpun akan segera mencarinya, entah itu untuk mengusirnya dari rumah atau menangkapnya untuk dijual. Mungkin bagi orang awam, hanya memiliki niat mengusirnya dari rumah karena suaranya yang cukup mengganggu. Bagaimana tips cara mencari Tokek di dalam rumah? Begini Tipsnya;

1. Menggunakan bawang merah dan putih atau merica
Cara ini adalah cara yang paling aman. Ya, kita dapat mengusir tokek dengan bau-bauan dari bawang merah, bawang putih ataupun bubuk merica. Taruhlah rempah-rempah tersebut di tempat tokek sering berada dan sekitarnya.

2. Menggunakan cangkang atau kulit telur
Cangkang atau kulit telur merupakan hal yang menakutkan bagi beberapa hewan pengganggu, termasuk tokek. Maka dari itu, manfaatkan cangkang telur yang telah digunakan, dengan menaruhnya di tempat tokek tersebut sering muncul.

3. Menggunakan bulu merak
Bulu merak juga masuk dalam daftar hal yang menakutkan bagi tokek rumah. Maka bentuklah bulu merak sedemikian rupa, seperti membentuk lingkaran bola mata yang besar kemudian gantungkan pada tempat biasa tokek muncul.

4. Menggunakan perangkap tikus atau jebakan bambu
Cara yang satu ini bertujuan untuk menangkap tokek. Taruhan jebakan yang sudah diberi umpan serangga kecoa atau jangkrik di jalur tempat tokek sering muncul. Tunggu sampai beberapa hari, maka tokek akan terjebak di perangkap tersebut.

5. Menggunakan lem tikus
Cara ini paling simpel dan banyak digunakan orang dalam menangkap tikus dan tokek. Oleskan papan dengan lem tikus, kemudian taruhlah papan tersebut di jalur tempat tokek sering berkeliaran. Dan tunggulah sampai beberapa hari sampai ada tokek terjebak menempel pada papan tersebut.

Demikianlah tips aman cara mencari tokek di rumah. Mudah bukan? Bila tokek telah terjebak, bila Anda takut atau geli sebaiknya cari bantuan saudara atau tetangga ya! :)