Ingat 5 Cara Mencegah Kebakaran Di Rumah Ini

Advertisement
Kebakaran memang merupakan bencana yang harus kita hindari sebisa mungkin karena bisa menghilangkan segala milik kita, terutama keselamatan jiwa. Kebakaran bisa terjadi kapanpun dan di manapun jika kita tak mewaspadainya sejak dini, terutama di rumah. Oleh karenanya, kita perlu mengantipasi sebelum kebakaran tersebut terjadi atau bahkan sebisa mungkin mencegahnya supaya rumah kita tidak terjadi kebakaran di rumah kita.

5 Tips Mencegah Terjadinya Kebakaran Rumah


Nah, di sini kami akan memberikan beberapa tips mencegah kebakaran di rumah. Dan inilah tips dari kami;

1. Memasang alarm asap atau smoke alarm

Alarm asap sudah banyak dijual di toko peralatan rumah dan kantor. Usahakan memasang alarm asap atau smoke di tiap ruang di rumah, terutama ruang tidur dan paralelkan kabel-kabelnya agar bisa bekerja secara bersama dan serempak.

2. Selalu rutin mengecek kondisi listrik

Gangguan listrik menjadi salah satu penyebab kebakaran rumah yang sering terjadi selama ini. Maka dari itu, usahakan melakukan pengecekan secara berkala termasuk pengecekan kabel-kabelnya. Bila kabel ada  yang mengelupas, lekas tutupi dengan lakban atau  ganti dengan kabel yang baru demi pencegahan yang maksimal. Bila terdapat anak-anak di rumah, maka hindari anak-anak dari listrik, terutama kabel listrik.   

3. Hindari merokok di dalam ruangan rumah

Bila anggota rumah ada yang merokok, sarankan dia untuk tidak merokok di dalam rumah. Juga janganlah merokok di tempat tidur atau saat sedang mengantuk atau melakukan sesuatu lainnya sambil merokok dalam ruangan rumah.

4. Selalu siapkan alat pemadam kebakaran kecil, terutama di ruang dapur

Bencana atau musibah merupakan suatu hal yang bisa terjadi tanpa kita duga meskipun kita selalu waspada. Maka itu, selalu siapkan alat pemadam kebakaran kecil di beberapa tempat di rumah, terutama di dalam ruang tidur dan dapur.

5. Buatlah rencana evakuasi

Perencanaan evakuasi di sini sangatlah penting demi keselamatan seluruh anggota keluarga di rumah. Usahakan miliki dua jalur jalan keluar rumah, jika bisa di tiap ruang atau ruang pertemuan/keluarga. Lakukan praktek rencana evakuasi yang sudah dibuat bersama seluruh anggota keluarga minimal dua kali setahun.

Itulah tips tentang cara mencegah kebakaran di rumah yang dapat kami uraikan di sini. Senantiasa perhatikan segala kemungkinan yang dapat memicu percikan api atau temperatur tinggi, semisal setrika, kompor gas, charger dan sebagainya. Sekali-kali Anda dapat menyewa jasa teknisi listrik untuk merawat kelistrikan rumah agar aman selalu.