5 Cara Menghalau Lalat Di Rumah Secara Cepat dan Efektif

Advertisement
Tentu kita semua sudah mengetahui bahwa lalat adalah hewan kecil yang membawa kuman penyebab beberapa penyakit. Dan kehadiran lalat tentu akan sangat mengganggu, terlebih bila sedang mengerumuni di sekitar makanan yang hendak kita makan. Karena kita akan merasa jijik bahkan cemas jika makanan kita dihinggapi oleh lalat-lalat pembawa kuman penyakit. Oleh karena itulah, lalat haruslah kita halau jauh-jauh terutama dari rumah tempat tinggal kita dan berusaha melakukan sesuatu agar lalat-lalat tak akan hadir lagi di rumah kita. Lantas bagaimana caranya?

Nah, berikut ini akan kami uraikan tentang cara menghalau lalat di rumah secara cepat dan efektif tetapi dengan bahan alami saja :

1.  Menggunakan Daun Pandan


Berdasarkan penelitian, lalat sangat tidak menyukai aroma wangi daun pandan. Maka dari itu,, Anda bisa gunakan daun pandan  sebagai cara efektif untuk menghalau lalat-lalat di rumah. Beberapa daun pandan diiris-iris  lalu di tempatkan dalam mangkuk atau piring kecil kemudian taruhlah di tempat-tempat lalat tersebut sering hinggap atau berkerumun.

2. Menggunakan Bunga Lavender


Bunga Lavender ternyata cukup efektif dan cepat untuk digunakan sebagai pengusir atau penghalau lalat di rumah, selain digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda cukup mengambil beberapa tangkai bunga Lavender lalu menaruhnya di beberapa tempat di dalam rumah, terutama di tempat-tempat lalat sering hinggap atau berkerumun. Atau Anda bisa jadikan bunga Lavender ini sebagai hiasan dalam ruangan rumah Anda, yang sekaligus bisa mengusir nyamuk dan lalat di rumah.

3. Menggunakan Biji Cengkeh



Wangi cengkeh juga termasuk wangi yang dibenci dan ditakuti oleh lalat. Oleh karenya kita bisa menggunakan biji cengkeh dalam menghalau lalat di rumah kita. Caranya cukup rendam beberapa biji cengkeh di dalam sebuah mangkuk lalu taruhlah mangkuk tersebut di beberapa tempat di rumah, terutama di tempat lalat sering hinggap dan berkerumun. Atau biji cengkeh ditusuk-tusuk ke buah apel dan apel tersebut di tempat-tempat sering datang lalat di rumah.

4. Menggunakan Jeruk Lemon

Dalam menghalau lalat di rumah, kita juga bisa gunakan gunakan irisan buah  jeruk lemon. Tempatkan irisan jeruk lemon di pring kecil lalu taruhlah di temapt sering datangnya lalat di rumah. Dan Anda juga bisa memadukan wewangian lemon dengan wewangian cengkeh dalam menghalau lalat di rumah karena perpaduan wangi keduanya akan membuat lalat segera pergi dan tidak akan balik kembali.

5. Menggunakan Lilin
Anda tentu sering melihat rumah makan yang menaruh lilin yang menyala di meja-mejanya. Itu adalah untuk mengusir lalat dari meja makan tersebut, selain sebagai hiasan meja. Lalat memang takut terhadap lilin, terutama yang telah dinyalakan. Oleh karena itu, kita bisa gunakan lilin sebagai penghalau lalat di rumah kita. Taruhlah lilin yang sudah dinyalakan di meja makan atau di tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat di rumah.

Itulah tips tentang cara menghalau lalat di rumah secara cepat dan efektif. Semoga bermanfaat!